Sepeda Motor Diusulkan Jarak Tempuhnya Diatur, Ini Penyebab Kematian Tersebesar

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, sepeda motor merupakan penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia. Karena itu, pemerintah daerah harus mulai mengatur jarak tempuh kendaraan roda dua.

“Dua roda kami ditetapkan karena kecelakaan terbesar hampir 70 persen karena roda dua, angka paling mematikan 3 setelah jantung dan kanker,” kata Bambang dalam sebuah acara diskusi di Jakarta, Ahad.

Bambang mengungkapkan, pengaturan ini diperlukan karena pengendara roda dua saat ini semakin sulit dilatih untuk bisa menggunakan jarak jauh. Seperti pada hari-hari pulang. Karena itu, penggunaan kendaraan roda dua bisa memberikan penghematan biaya transportasi.

Penghematan yang didapat jika sepeda motor digunakan dalam operasi sehari-hari, lanjutnya, diperkirakan mencapai Rp 296 juta per hari dan Rp 103 miliar per tahun. Kriteria tabungannya adalah dalam hal waktu tempuh, biaya operasional kendaraan, dan tingkat kecelakaan.

“Pertimbangan ini adalah apa yang akan kita lihat di masa depan mencari solusinya, kita perlu memperhatikan kedua roda tersebut, kita harapkan kedua rodanya hanya bisa digunakan dalam jarak dekat, misalnya dari pemukiman ke stasiun, roda dua. Bukan untuk jarak jauh, “katanya. .

Namun, Bambang menegaskan, pengaturan kendaraan roda tidak berarti pembatasan kepemilikan sepeda motor. “Sehubungan dengan kewenangan roda dua di pemerintahan daerah, kami memberikan masukan kepada pemerintah daerah, yang kami asumsikan keamanannya, bukan pembatasan (kepemilikan).”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s