Di 2018, Mandiri Utama Finance Mengincar Pembiayaan Sebesar Rp 10,1 Triliun

Anak perusahaan PT Bank Mandiri Tbk di sektor multifinance, Mandiri Utama Finance (MUF) menargetkan pembiayaan sebesar Rp 10,1 triliun pada 2018. Angka ini naik dibanding tahun ini yang diprediksi hanya Rp 7,3 triliun.

“Ada kenaikan sekitar Rp 3 triliun tahun depan,” kata Direktur Utama MUF Stanley Atmadja kepada Merdeka.com di kantornya baru-baru ini.

Menurut Stanley, kenaikan pembiayaan sebesar Rp 3 triliun didasarkan pada beberapa pertimbangan. Pertama, sumber pasar dimiliki, seperti pasar reguler dan captive yang berasal dari nasabah Bank Mandiri.

Kedua, penambahan coverage area sebanyak 35 poin di tahun 2018. Ketiga, meningkatkan sinergi bisnis induk dengan anak perusahaannya, seperti Bank Syariah Mandiri (BSM).

Perlu diketahui, MUF merupakan anak usaha Bank Mandiri dengan kepemilikan saham 51%. Pemegang saham lainnya adalah ASCO Automotive dan PT Tunas Ridean Tbk.

“Pertumbuhan pembiayaan ini kita sebut pertumbuhan alamiah, bukan pertumbuhan yang terlalu panas, karena cabang yang ada tetap terjaga produktivitasnya, sementara cabang baru dibangun untuk melahirkan produktivitas baru,” katanya.

Berdasarkan kinerja kuartal III tahun ini, MUF telah menyalurkan pembiayaan Rp 5,2 triliun. Angka ini meningkat secara signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 1,6 triliun.

Kenaikan ini didorong oleh ekspansi layanan baru perusahaan, yang hanya dua tahun sejak beroperasi pada 22 Januari 2015. Hingga Juli tahun ini, perusahaan mengoperasikan 87 jaringan bisnis, naik dari 55 jaringan pada periode yang sama tahun lalu. .

Perluasan Pembiayaan Syariah

Salah satu peningkatan sinergi MUF dengan anak perusahaan Bank Mandiri berikutnya adalah mengoperasikan unit pembiayaan syariah (UUS), bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Stanley mengatakan, semua persyaratan untuk pendirian UUS di MUF telah terpenuhi. Seperti kontribusi modal kerja minimal Rp 25 miliar sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pengangkatan DPS.

“Unit usaha syariah MUF akan dilepas pada Januari 2018, jadi kami akan menjadi anak perusahaan BUMN pertama yang memiliki pembiayaan syariah,” kata MUF, pelopor pembiayaan syariah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s