Anies Disurvei Calon Pilpres 2019, Mari Mengenang Jawaban Jokowi

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sedang melakukan lompatan untuk menuju Istana Negara. Setidaknya Hal tersebut sudah pernah terjadi pada Joko Widodo.

Jokowi sendiri hanya memerlukan waktu dua tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sebelum dirinya memutuskan untuk memimpin Indonesia. Beliau datang ke Jakarta untuk memimpin Pemprov DKI bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 2010 silam. Selama memimpin, mantan Wali Kota Solo ini menjadi perhatian publik lantaran pola kepimpinannya yang berbeda.

Berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya, Politisi PDIP ini lebih sering melakukan blusukan dibandingkan rapat di Balai Kota DKI Jakarta. Aksinya selama blusukan menjadi perhatian masyarakat. Hingga akhirnya, nama Jokowi masuk dalam bursa calon presiden jelang Pilpres 2014-2019.

Dari beberapa survei, nama Jokowi selalu berada di urutan teratas, yang dimana lebih unggul dari pesaingannya Prabowo Subianto. Setiap kali ditanya tentang survei tersebut, ayah dari tiga orang anak ini selalu mengelak dan memilih untuk kerja.

“Saya enggak mikir untuk mencalon (calon preseden 2014). Sama sekali enggak mikir,” ujar Jokowi pada 7/2/2013.

Saat ini nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga masuk dalam survei jelang pilpres 2019 mendatang. Anies menempati posisi tertinggi dalam survei Indo Barometer sebagai calon Wakil Presiden Indonesia mendatang.

Menanngapi hasil survei tersebut, Anies tidak banyak berkomentar. Dia lebih memilih untuk fokus bekerja sebagai pemimpin Pemprov DKI Jakarta. Dikarenakan masih banyak permasalahan yang belum diselasaikannya.

“Sekarang saya lagi fokus mengenai antisipasi banjir, soal keluhan warga. Sementara fokus disitu dulu, kita jalani,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (5/12).

Berdasarkan survei, Anies masuk bursa calon Wakil Presiden di Pilpres 2019. Dari hasil survei, Anies memdapatkan persentase suara tertinggi dengan 10,5 persen. Nama-nama yang masuk dalam bursa cawapres setelah Anies adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 9,6%, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sama 9.6% dan Jendral Gatot Nurmantyo juga 9,6%.

Kemudian di lanjutkan dengan Ridwan Kamil 5,4%, Sohibul Iman  3,8%, Tri Rismaharini 3,3%, Jendral Purnawirawan Moeldoko 2,8%. Lalu Hary Tanoesoedibjo 2,3%, AA Gym 2,1%. Puan Maharani 2%, Jendral Tito Karnavian 1,8%.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s