Sandiaga Akan Terapkan Pola ‘Buka Kebaya’

Pemprov DKI berkomitmen untuk lebih terbuka dalam pemerintahan. Masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang berkaitan dengan pemerintah. Dalam mewujudkan keterbukaan informasi ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S Uno mengatakan ingin menerapkan pola ‘kebaya terbuka’.

Sandi mengatakan sejak sebelum menjabat, ia ingin menjalankan pemerintahan dengan aperture terbuka. “Kami tidak hanya akan memberikan pengungkapan informasi tapi lebih dari yang dibutuhkan Kami ingin benar-benar terbuka, istilah ‘open kimono’ atau dalam bahasa ini ‘kebaya terbuka’ tidak ada yang ditutup-tutupi Semua lampu terang mulai di era sekarang,” katanya. dijelaskan dalam presentasi Keterbukaan Informasi Publik Badan Publik Provinsi DKI Jakarta, Jumat (8/12) malam.

Sandi juga mengungkapkan gagasannya untuk membentuk sebuah lembaga pemerintahan terbuka. Dimana keterbukaan pemerintah akan diterapkan di seantero daerah, tidak hanya lingkup provinsi.

Transparansi pemerintah juga telah dilaksanakan melalui program berbasis elektronik yang bisa diakses oleh semua pihak seperti e-budgeting, e-planning, e-musrenbang, dan sebagainya. Ia juga menginginkan program berbasis elektronik ini dilaksanakan oleh seluruh SKPD dan BUMD.

“APBD 2018 telah melotot oleh ribuan mata dan ini membuat APBD semua warga negara karena warga bisa melihat berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk membunuh tikus di rumah wakil, misalnya,” jelasnya.

“Hal-hal yang sangat kecil yang menunjang proses pemerintahan terbuka,” lanjutnya.

Pengabdian Keterbukaan Informasi Publik Badan Publik yang baru pertama kali dilaksanakan. Sandi disebut sebagai sejarah baru pengungkapan informasi di Jakarta dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan setiap tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s