Jokowi Tetap Mengirimkan Bantuan Untuk Warga Wonogiri. Meski Tidak Hadir

Kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dibatalakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (10/12). Di Kota Gaplek tersebut sedianya presiden akan melihat korban bencana tanah longsor dan banjir di lokasi pengungsian, SDN Dlepih I,Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo.

Namun pada saat waktu bersamaan, mantan gubernur DKI Jakarta itu lebih memilih untuk menghadiri Hari HAM Sedunia di Solo. Kekecewaan yang dirasakan warga korban bencana di pengungsian yang sudah menunggu kedatangannya sejak pagi. Sebelumnya Jokowi dijadwalkan untuk hadir di lokasi menggunakan helikopter sekitar pukul 09.30 WIB. Tapi jadwalnya mendadak terjadi perubahan.

Meski tidak bisa hadir, Presiden Jokowi tetap mengirimkan bantuan logistik kepada para pengungsi. Sejumlah truk pengangkut bantuan berdatangan ke desa terdampak bencana itu. Bukan hanya mengirmkan bantuan, Jokowi juga meminta agar para korban longsor direlokasi ke tempat yang lebih aman.

“Pak presiden meminta kalau ada rumah yang rusak ataupun ada warga yang kehilangan rumah, agar segera ditangani. Harus direlokasi atu dipindakan, pasti, harus, karena warga tidak mungkin kembali ke rumhanya, ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei di sela meninjau pengungsi di Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo.

Presiden juga telah memerintahkan kepada jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk menyiapkan lahan baru yang aman untuk tempat tinggal para korban.

“Presiden juga memerintahkan Menteri ESDM terkait pusat geologi, untuk mengkaji daerah rawan sekaligus mencari tempat relokasi yang aman. Jika lahan sudah tersedia, pemerintah akan segera memberikan bantuan yang bersifat stimulan untuk membantu korban bencana membangun rumah,” katanya.

Baginya, tugas pemerintah daerah hanya menyiapkan lahan, jika sudah siap, pemerintah akan membantu stimulan pembangunan.

“Mengenai jumlahnya, BNPB akan membicarakan lagi dengan bupati,” jelasnya.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto menambahkan, pada saat ini ada 2.589 warga yang tertimpa bencana Wonogiri. Mereka tersebar di 136 desa/kelurahan di 23 kecamatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s