Jangan Panik, Bekali Diri Dengan Pengetahuan Mengenai Difteri

Indonesia baru-baru ini diliputi kasus wabah difteri. Kementerian Kesehatan bahkan menetapkan hal ini sebagai kejadian luar biasa karena telah menghabiskan puluhan korban di berbagai provinsi di Indonesia.

Anda sendiri tidak perlu panik dengan difteri yang wabah jika Anda sudah memberikan pengetahuan yang cukup dan tindakan pencegahan dini akan dipfteri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa hal tentang difteri yang dibutuhkan agar bisa Anda ketahui.

• Difteri disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae. Difteri sangat menular dan mudah menginfeksi mereka yang sebelumnya tidak mendapatkan vaksin difteri.

• Bakteri Corynebacterium diphtheriae akan menyerang selaput lendir di hidung dan tenggorokan. Sel sehat akan terbunuh dan berubah menjadi sel-sel mati yang kemudian membentuk lapisan tipis di tenggorokan. Toksin yang dihasilkan oleh bakteri ini kemudian berpotensi menyebar di aliran darah dan merusak jantung, ginjal, dan sistem saraf.

• Difteri dapat menular karena cipratan pasien, menyentuh benda-benda yang telah terkontaminasi oleh bakteri, atau kontak langsung dengan luka difteri.

• Difteri memiliki masa inkubasi sejak bakteri memasuki tubuh untuk menunjukkan gejala selama 2-5 hari.

• Selain lapisan tipis yang menutupi tenggorokan pada amandel, gejala difteri juga meliputi demam, sakit tenggorokan, sesak napas, kelemahan, pilek, hingga kelenjar getah bening bengkak di leher.

• Seperti yang dilaporkan, difteri mampu menyebabkan kematian akibat komplikasi seperti masalah pernafasan, kerusakan jantung, kerusakan saraf, dan gagal ginjal.

• Tindakan preventif yang paling efektif untuk penyakit ini adalah vaksin DTP. Vaksin ini termasuk difteri, tetanus, dan pertusis atau batuk rejan. Vaksin ini umumnya dapat melindungi tubuh dari difteri hingga seumur hidup.

Jadi, dengan memiliki pengetahuan yang cukup dan benar tentang difteri, Anda juga bisa terhindar dari keganasan penyakit ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s